Profile

Join date: Sep 15, 2022

About

Tujuan 6 Rekreasi Candi di Jawa tengah yang Punyai Riwayat Menarik



Tidak cuma daya tarik alam saja yang berlimpah, Indonesia mempunyai macam budaya yang tercantum dalam bangunan candi. Indonesia sebagai salah satunya negara yang memiliki nilai riwayat dan budaya lumayan banyak.


Hal itu terlihat dari jumlahnya warisan bangunan candi yang menyebar di pelosok daerah yang menjadi Tempat Bersejarah. Mayoritas salah satunya sebagai warisan pada periode kerajaan sebelumnya. Di Indonesia, bangunan candi dapat dikelompokkan dalam dua tipe yakni Candi Buddha dan Candi Hindu.


Mayoritas orang condong lebih mengenali Candi Borobudur dibanding candi yang lain. Candi Borobudur sempat masuk ke 7 fenomena dunia walau saat ini telah terpindahkan. Tidak cuma Candi Borobudur saja, beberapa pelancong mengenali Candi Prambanan yang berada di tepian Kota Yogyakarta.


Tetapi, Indonesia tidak cuma mempunyai dua candi hanya itu loh Teman dekat Dream. Ada banyak candi yang lain yang tidak kalah cantik dan menakjubkan. Ingin tahu dengan rekreasi candi yang lain? Yok lihat info selengkapnya di bawah ini.


1. Rekreasi Candi Sewu

Candi Sewu sebagai candi Buddha paling besar ke-2 di Indonesia. Rekreasi candi ini berada di Jalan Raya Solo KM 16, Sleman, Yogyakarta. Walau mempunyai nama Candi Sewu, tetapi keseluruhan bangunan candi di sini tidak berjumalah 100 bangunan. Ya. kata " sewu" dengan bahasa Jawa memiliki arti seribu. Candi Sewu rupanya mempunyai sekitaran 249 bangunan candi didalamnya. Menariknya, di sini kalian dapat nikmati panorama arca Dwarapala atau patung penjaga raksasa setiap pintu masuk.


Untuk yang belum mengetahui, ukuran dari patung itu dapat capai 2,3 mtr. tiap patungnya. Saat yang pas untuk kalian untuk bertandang ke rekreasi Candi Sewu, yakni sore hari persisnya saat mendekati matahari tenggelam. Tidak cuma melihat keelokan akan Candi Sewu saja, kalian bisa juga beraktivitas yang lain seperti naik sepeda. Untuk nikmati keelokan pemandangan Candi Sewu, kalian perlu bayar ticket masuk sejumlah Rp30 ribu tiap orangnya.


2. Rekreasi Candi Dieng

Rekreasi candi di Indonesia yang lain yakni Candi Dieng. Tentu mayoritas tidak asing dengan candi yang ini. Candi warisan kerajaan Hindu ini makin terkenal karena ada peristiwa es atau salju yang menyelimutinya tempat wisata ini.


Candi Dieng awalnya dipakai sebagai salah satunya bangunan keagamaan di Jawa di saat Kerajaan Kalingga. Tidak mengejutkan jika Candi Dieng dipandang seperti bangunan keagamaan paling tua di Jawa juga.


Walau kelihatan demikian simpel dan kecil, tetapi candi ini mempunyai daya magnetnya tertentu. Bermacam ornament yang menghias tiap dinding candi dan jumlah bangunan candi yang lumayan banyak, berhasil bikin pelancong ingin tahu.


Karena sangat jumlahnya, masyarakat di tempat menamai setiap bangunannya bernama wayang. Misalkan seperti Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Dwarawati, dan Candi Semar. Untuk dapat menelusuri bangunan candi keseluruhannya, yakinkan kalian mempunyai cukup beberapa waktu ya Teman dekat Dream.


3. Rekreasi Candi Cetho

Seterusnya, kalian dapat mencari tapak jejak monumental di Candi Cetho. Bangunan warisan Hindu ini berada di Karanganyar, Surakarta, lebih persisnya ada di lereng Gunung Lawu. Menariknya, sampai sekarang Candi Cetho masih dipakai masyarakat di tempat untuk pertapaan atau penyembahan untuk pengikut saluran kejawen.


Tidak cuma hanya itu, di sini kalian dapat rasakan kesan udara yang beri kesegaran dan sejuk ciri khas pegunungan. Candi Cetho ada di 1496 mdpl dan dikitari oleh kebun teh yang paling hijau. Saat yang pas untuk kalian untuk berkunjung Candi Cetho yakni saat pagi hari.


Di saat tersebut kalian nanti dapat menyaksikan panorama matahari keluar yang hebat menakjubkan. Bonusnya, kalian dapat ambil photo dengan background gapura yang menjadi satu diantara keunikan dari Candi Cetho. Untuk dapat nikmati keelokan hebat ini, kalian perlu mengambil kantong sejumlah Rp7 ribu tiap orangnya.


4. Rekreasi Candi Barong

Selanjutnya, Candi Barong menjadi satu diantara rekreasi candi di Indonesia yang dapat kalian untuk jadikan rekomendasi berlibur. Berada di Desa Candisari, Sleman, Yogyakarta, Candi Barong ini sebagai salah satunya warisan Hindu.


Candi Barong dibangun dan dipakai khusus untuk menyembah Dewa Wisnu dan isterinya Dewi Sri. Dalam agama Hindu, Dewa Wisnu dan si istri disimbolkan sebagai Dewa Kesuburan. Tidak mengejutkan jika Candi Barong dikenal juga sebagai Candi Kesuburan.


Menariknya, bangunan ini tetap berdiri kuat walau sudah ada semenjak era ke 9-10 Masehi. Di sini kalian bisa juga menyaksikan ornament barong setiap pemukaan bangunan candi.


5. Rekreasi Candi Ratu Boko

Selanjutnya Candi Ratu Boko dikenali sebagai salah satunya lokasi yang tawarkan pemandangan matahari tenggelam terbaik di Yogyakarta. Saat matahari perlahan-lahan mulai terbenam, senja kelihatan benar-benar eksotik dengan sinarnya yang masuk ke celah-celah candi.


Berlainan dari umumnya candi yang lain, Candi Ratu Boko tidak mempunyai ikatan apa saja dengan satu agama tertentu. Candi ini cuma berisi gerbang masuk, pendopi, rumah, kolam pemandian dan pagar perlindungan. Bukannya sepi, candi ini malah sanggup membuat beberapa pelancong berminat untuk menyaksikannya.lokasi candi ini tidak jauh dari Candi Ijo Sleman.


Bonusnya, kalian dapat rasakan kesan udara yang beri kesegaran ciri khas pegunungan karena Candi Ratu Boko berada pada ketinggian 196 mdpl. Bahkan juga, kalian bisa juga menyaksikan pemandangan cakralawa Kota Yogyakarta di atas ketinggian loh Teman dekat Dream.


6. Rekreasi Candi Plaosan

Candi Plaosan selalu sama dengan panggilan candi kembar. Masalahnya kompleks rekreasi candi ini terdiri jadi dua bagian; Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor. Ke-2 candi tersbeut mempunyai keserupaan dalam soal bangunan dan ciri-ciri uniknya.


Tidak mengejutkan jika warga sekitaran memberi panggilan " kembar" pada Candi Plaosan. Rekreasi Candi Plaosan ini berada di Jalan Candi Plaosan, Klaten, Jawa tengah.

Menariknya, Candi Plaosan setiap tahunnya akan mengadakan Festival Candi Kembar. Sudah pasti, arah dari festival ini untuk mengenalkan rekreasi Candi Plaosan dan dusun rekreasi yang ada di sekelilingnya. Di saat festival berjalan, kalian akan disuguhi bermacam tarian tradisionil dari beragam wilayah.


Ya, itu sebagai daya magnet khusus yang diberi Candi Plaosan ke beberapa pelancong. Walau begitu, kalian bisa bergembira di rekreasi candi ini walau sedang tidak ada festival.

T
TimmothyFleming

TimmothyFleming

More actions